STRATEGI PUSTAKAWAN DALAM MENGGIATKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)
Telaah Kritis Implementasi GLS di SDN 01 Penarik
Kata Kunci:
strategi, Pustakawan, GLS, PerpustakaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan GLS di SDN 01 Penarik, strategi pustakawan dalam menggiatkan GLS serta faktor yang mendukung dan menghambat implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan dengan kerangka berpikir deskripftif-induktif. Metode ini bertujuan untuk menggambarkan obyek penelitian atau keadaan pada saat melakukan penelitian, untuk mengkaji permasalahan pada saat penelitian ini dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah terlaksana cukup baik dengan mengacu pada visi dan misi perpustakaan dan dengan beberapa program kerja. Kedua, Strategi pustakawan dalam menggiatkan GLS di sekolah dilakukan dengan beberapa program yaitu program pokok, program tindak lanjut dan program yang menunjang lainnya. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya menggiatkan gerakan literasi sekolah meliputi faktor intern dan ekstern, pembaharuan manajemen dan fasilitas perpustakaan.